25
Jun
10

Analisis Website

ANALISIS WEB EIGER

Gambar1. Home Page EIGER

Dari gambar di atas, peletakkan logo perusahaan sudah benar, yaitu berada di pojok kiri atas. menu navigasi utama diletakkan di bawah logo EIGER. Menu-menu tersebut akan membawa pengunjung ke halaman yang lebih detail lagi mengenai apa saja yang ada di web EIGER. Selain itu terdapat pula navigasi detail mengenai produk-produk eiger yang terletak di panel sebelah kiri dan halaman isi atau content terletak di bagian tengah web.

3.1  Navigasi kategori produk yang terlalu panjang

Navigasi kategori produk sudah didesign dengan baik karena urutan ketegori pilihan produk yang ditampilkan sesuai dengan abjad, sehingga hal ini dapat memudah kan pengguna dalam mencari informasi apa yang diinginkan melalui navigasi ini. Akan tetapi navigasi tersebut terlalu panjang, sehingga pengguna akan merasa tidak nyaman ketika dihadapkan dengan banyak pilihan kategori produk EIGER ini. Selain itu, navigasi seperti ini menggunakan space yang sangat boros.

Solusi : Mungkin akan lebih baik jika list kategori produk tersebut menggunakan accordion, sehingga dapat menghemat space pada navigasi kategori produk tersebut. Selain itu pula dengan penggunaan accordion ini pengguna akan merasa nyaman ketika dihadapkan dengan banyak pilihan kategori tersebut. Dengan adanya accordion pengguna dapat memilih dengan lebih mudah tanpa harus melihat kategori produk yang sangat panjang seperti pada gambar1.

Gambar 2. Navigasi kategori produk EIGER

3.2 Hyperlink pada navigasi kategori produk yang tidak affordance

Hyperlink pada whitespace di samping navigasi kategori produk tersebut sangat tidak affordance. Hal ini Akan membingungkan pengguna karena penggunaan hyperlink yang tidak sesuai (hyperlink tidak berada pada tempatnya). Ketika penulis mengunjungi situs ini pun sesekali penulis sempat tidak sengaja mengklik whitespace tersebut, padahal penulis tidak ingin mengunjungi hyperlink itu. Ini merupakan ketidakaffordance-an pada whitespace, yakni peranan hyperlink yang tidak sesuai dengan fungsinya. Dalam konteks ini web EIGER menggunakan hyperlink dalam tag span.

Solusi : sebaiknya penggunaan hyperlink terdapat pada space katanya saja yang ingin dilink, tidak perlu satu tempat (tag span) seutuhnya yang di hyperlink sehingga hal ini dapat menimbulkan tidak affordance pada penggunaan hyperlink (peranan hyperlink yang tidak sesuai dengan fungsinya).

Gambar 3. Hyperlink list kategori produk

3.3 Label harga yang tidak ada

Ketika pengguna mengunjungi web EIGER ini, hal yang ingin dicari oleh pengguna dari web ini salah satunya adalah spesifikasi dari produk EIGER. Spesifikasi tersebut meliputi keterangan dari produk-produk yang ditampilkan dari web ini, termasuk label harga di dalamnya. Pada web ini tidak ditampilkan secara lengkap keterangan seputar produk EIGER, terutama label harga di dalamnya. Sehingga pengguna akan merasa kesulitan dalam memilih produk yang diinginkan, karena tidak mengetahui detail produk yang dilihat.

Solusi : sebaiknya menampilkan label harga berikut spesifikasi/keterangan yang lengkap pada setiap produk EIGER, sehingga pengguna dapat mengetahui produk apa yang mereka inginkan sesuai dengan spesifikasi produk dan budget yang pengguna miliki.

Gambar 4. Product highlight

3.4 Redudansi pada navigasi

penggunaan menu navigasi produk yang tidak perlu double/redudansi. Selain hal ini dapat membingungkan pengguna, penggunaan task ini tidak efektif dan boros terhadap space page web yang ada.

Solusi : sebaiknya menu navigasi produk pada header area tidak diperlukan, karena navigasi produk pada panel sebelah kiri sudah mewakili interaksi pengguna dalam memilih produk yang ingin dijelajahi.

Gambar 6. Redudansi menu navigasi produk

3.5 Kerancuan button pada halaman EAST

Menu about east, team expert, learn&share dapat di click, tetapi menu photo gallery dan program agenda tidak dapat di click. jika menu tersebut (seperti photo gallery dan program agenda) tidak mengandung informasi apa-apa, sebaiknya dihilangkan atau di tiadakan. Dan untuk menu pada halaman ini sebaiknya ketika di hover/ ketika mouse berada pada button menu tsb dapat berubah, sehingga pengguna mengetahui menu tersebut dapat di click dan pengguna dapat mengetahui di mana letak pengguna pada saat itu.

east1.jpgeast2.jpg

Gambar 7. Button pada halamanAbout EAST

Advertisements

6 Responses to “Analisis Website”


  1. June 26, 2010 at 5:50 am

    situsnya simple, kurang ada background…

  2. June 26, 2010 at 8:19 am

    komposisi antara tulisan dan gambar kurang tepat,begitu juga tata letaknya disamping gambar masi ada white space sedangkan dibawah dan kolom samping kiri bejubel tulisan heu itu aja sih menurut gw 🙂

  3. June 26, 2010 at 12:10 pm

    wah….ada spesifikasi tas nya langsung ya….
    namun mungkin untuk sebagian besar orang akan merasa kurang lengkap bila suatu spesifikasi produk tidak dilengkapi dengan harga produk tersebut….
    mungkin alasanya adalah ini bukan web yang dikhususkan untuk penjualan produk tersebut secara langsung,, namun hanya sebagai support dari produsen mengenai spesifikasi utama dari produk tersebut….

  4. June 26, 2010 at 2:16 pm

    setuju, menurut gw juga menu yang kebawah itu terlalu panjang. selain itu mungkin kalo dibuat gif dari foto produk nya sehingga bisa seakan-akan dilihat dari berbagai sudut pandang akan menarik dan menambah user experience pengguna.

  5. June 26, 2010 at 3:55 pm

    ketika gw pertama liat tampilan website ini,, banyak banget white space yang ga kepake..
    borosnyaa…..
    kurang menarik juga liatnya,,
    interfacenya masih terlalu datar, dan kategori produknya itu terlalu banyak..
    jadi membingungkan banget..

    sepertinya usabilitynya masih harus ditinjau lagi nih sama pengembang web ini..

    By : Rani Dwijayanti.G64070054

    http://ranid07.student.ipb.ac.id/


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


My College

June 2010
M T W T F S S
« Feb    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Categories


%d bloggers like this: