25
Jun
10

Tinjauan Pustaka

2 TINJAUAN PUSTAKA

2 .1 Interaksi Manusia dan Komputer

IMK mempelajari tentang interaksi antara manusia dengan komputer. Interaksi yang dimaksud bisa terjadi lewat antarmuka suatu softweare maupun hardware. Salah satu tujuan dari IMK adalah membuat agar pengguna yang sedang berinteraksi tidak menjadi kebingungan dengan antarmuka yang ada pada software dan hardware. Web user interface termasuk kepada kategor antarmuka software.

Hal-hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah aspek usability, user experience, dan user interface.

2 .2 Aspek usability

Apa itu usability? Usability is a quality attribute relating to how easy something is to use. More specifically, it refers to how quickly people can learn to use something, how efficient they are while using it, how memorable it is, how error-prone it is, and how much users like using it. If people can’t or won’t use a feature, it might as well not exist (Jakob Nielsen, 2006).

Ringkasnya,usability merupakan ukuran seberapa mudah suatu software atau hardware digunakan. Tujuan dari aspekusabilitas diantaranya:

· Efektif digunakan

· Efisien digunakan

· Aman digunakan

· Punya utility yang baik

· Mudah dipelajari

· Mudah diingat bagaimana menggunakannya

Usability didefinisikan melalui lima komponen yakni :

· Learnability

Learnability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna untuk memenuhi task-task dasar ketika pertama kali mereka melihat/menggunakan hasil perancangan.

· Efficiency

Efficiency menjelaskan tingkat kecepatan pengguna dalam menyelesaikan task-task setelah mereka mempelajari hasil perancangan.

· Memorability

Memorability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan rancangan dengan baik, setelah beberapa lama tidak menggunakannya.

· Errors

Errors menjelaskan jumlah error yang dilakukan oleh pengguna, tingkat kejengkelan terhadap error dan cara memperbaiki error.

· Satisfaction

Satisfaction menjelaskan tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan rancangan

2 .3 User experience

Merupakan pengalaman yang didapat oleh pengguna selama dia berinteraksi dengan suatu software atau hardware. Aspek usability mempengaruhi langsung experience yang didapat oleh pengguna salama berinteraksi. Usability yang baik akan membangun experience yang baik pula di sisi pengguna, dan sebaliknya.

2 .4 User interface

Dalam paper akan dibahas user interface dari web. Pengguna atau pengunjung suatu website merupakan salah satu alasan yang membuat mengapa suatu website masih tetap ada. Jika pengunjung suatu website tidak ada, mengapa website tersebut masih dipertahankan? Suara pengguna atau pengunjung akhirnya mulai didengar. Pengguna tidak mau lagi dipusingkan dengan prosedur yang rumit dan antarmuka yang sulit dimengerti. Web dengan antarmuka yang rumit akan ditinggalkan oleh penggunanya. Hal-hal lain yang membuat pengguna akan meninggalkan suatu halaman web diantaranya pengguna tidak menemukan sesuatu yang dicarinya pada web tersebut, banyaknya kesalahan pada web, dan cara penyajian informasi yang tidak menarik.

Desain antarmuka dari suatu halaman web merupakan suatu masalah bagaimana menyeimbangkan struktur dan hubungan antara menu, isi, dan dokumen atau gambar yang terkait. Tujuan desain tersebut adalah untuk membangun hirarki yang baik dari menu dan halaman, terstruktur dengn baik, mudah untuk digunakan, dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya (Wilbert O. Galitz 2007).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


My College

June 2010
M T W T F S S
« Feb    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Categories

Advertisements

%d bloggers like this: